Cara Mencegah dan Menghilangkan Baju Bau Apek

Slighhouse –¬†Penyebab bau tidak sedap bisa bermacam-macam, seperti faktor penyimpanan di lemari atau cara mencuci dan mengeringkan pakaian yang salah. Banyak yang memilih untuk menyemprotkan wewangian dan sejenisnya, tetapi ini sangat tidak disarankan. Selain karena produk tersebut memang ditujukan untuk tubuh, bukan untuk pakaian, sebenarnya bau pakaian akan semakin aneh, bahkan bisa menimbulkan noda baru pada pakaian. Sebelum Anda mengetahui cara menghilangkan bau busuk pada pakaian Anda, perhatikan hal-hal berikut ini.

Hal-hal yang dapat mencegah pakaian berbau basi:

Pencucian

Pastikan menggunakan deterjen berkualitas jika ingin menggunakan pengharum, bisa memilih deterjen yang sudah dilengkapi dengan pengharum, atau tidak masalah untuk menggunakannya sendiri. Anda juga bisa menggunakan cairan untuk menyetrika. Tapi jangan berlebihan, karena proses ini benar-benar bisa melembabkan pakaian jika Anda tidak bisa mengontrolnya.

Kemerahan

Baik dengan tangan atau di mesin cuci, bilas pakaian sampai bersih dan deterjen tidak akan tersangkut, um! Untuk memastikan buihnya tidak berlebihan, sebaiknya gunakan deterjen secukupnya atau sesuai dengan jumlah yang biasanya ada di setiap kemasan. Setelah dibilas secara menyeluruh, segera keluarkan dari mesin cuci dan segera keringkan. Jangan tinggalkan cucian untuk malam ini. Bakteri dan jamur dapat dengan mudah berkembang di ruangan yang hangat dan gelap, seperti mesin cuci tertutup. Handuk tebal dan pakaian berat, seperti jeans, kering lebih lama, jadi keringkan secara menyeluruh. Anda bisa mengeringkannya di mesin cuci terlebih dahulu lalu mendorongnya kembali dengan tangan untuk memastikan pakaian Anda benar-benar kering sebelum dikeringkan.

Pengeringan

Usahakan untuk mengeringkan pakaian di tempat yang cukup agar cucian bisa mengering di hari yang sama. Gantung cucian untuk mengeringkannya. Ini karena sinar matahari dapat membantu pakaian Anda terhindar dari jamur. Berbeda dengan garmen yang terbuat dari bahan kasar, terutama garmen yang terbuat dari bahan tipis, jangan dijemur langsung di bawah sinar matahari!

Setrika dan penyimpanan

Jangan pernah menyetrika pakaian yang tidak benar-benar kering. Saat menyimpan sebaiknya pakaian menggantung dan hindari melipat dan menumpuknya, terutama untuk pakaian yang jarang dikenakan. Ini karena pakaian yang digantung lebih mudah dihirup dan terkena udara segar. Jika memungkinkan, letakkan lemari pakaian atau gantungan baju di ruangan yang tidak terlalu lembab, seperti ruangan ber-AC atau ruangan dengan sirkulasi udara yang baik. Letakkan juga lemari kamper khusus di area penyimpanan pakaian.

Perawatan tambahan

Jangan biarkan pakaian hanya disimpan di lemari. Terkadang pakaian perlu diangin-anginkan secara teratur, misalnya sebulan sekali. Pastikan pakaian yang sudah disimpan lama tidak mengandung jamur. Jika ada jamur, segera bersihkan cetakan dengan sikat gigi bekas atau sikat pembersih kering yang lembut. Ingat juga untuk membersihkan mesin cuci. Karena jika perangkat yang satu ini kotor maka pakaian akan mudah terkontaminasi dan menimbulkan bau. Oleh karena itu, usahakan untuk membersihkan tumpukan kotoran yang menempel pada dinding mesin cuci untuk mencegah timbulnya jamur dan bau.

Berikut beberapa cara sederhana dan efektif untuk menghilangkan bau apek:

1. Cuci dengan air panas

Meski merupakan cara mudah menghilangkan bau berjamur pada pakaian, Anda juga harus berhati-hati . Ada baiknya membaca label pada pakaian atau mengetahui jenis kainnya. Tujuannya untuk mengetahui apakah pakaian Anda mungkin terkena air panas atau tidak. Karena jika proses ini dilakukan secara sembarangan, bukan tidak mungkin justru akan merusak serat-serat pada pakaian tersebut. Sebelum menggunakan air panas, rendam dulu pakaian Anda dengan air bersuhu normal. Kemudian rendam dalam air panas yang sebelumnya berisi deterjen. Rendam pakaian selama kurang lebih 30 menit, lalu cuci seperti biasa dan jangan lupa gunakan pewangi.

2. Menggunakan soda kue

Ini bisa menjadi cara menghilangkan bau berjamur pada pakaian tanpa dicuci. Caranya adalah dengan menaburkan soda kue ke seluruh permukaan kaos dan pastikan tidak ada yang terlewat. Caranya sederhana, saat ditaburi cukup sebarkan pakaian di atas meja untuk melihat apakah salah satu sisinya terlipat dan tidak terkena karbon pembakaran. Lalu tinggalkan pakaiannya . Keesokan harinya, cukup bersihkan soda kue dari permukaan pakaian dengan cara diketuk atau disikat lembut untuk memastikan tidak ada noda yang tertinggal. Lalu gantung pakaiannya.

3. Rendam dalam larutan deterjen

Jangan salah, larutan deterjen bukan larutan biasa disini, tapi harus dicampur dengan bahan lain. Tapi tenang, bahan yang digunakan juga aman dan mudah di dapatkan .

Yang pertama adalah campuran lemon. Selain untuk dikonsumsi, manfaat jeruk nipis memang sangat banyak dan bisa digunakan untuk berbagai hal, mulai dari perawatan tubuh hingga rambut, serta untuk cepat menghilangkan bau apek. Caranya sederhana .

Gunakan setengah gelas jus lemon ditambah 1 sendok teh detergen, lalu Anda bisa menggunakan larutan kedua untuk merendam pakaian Anda. Ingatlah untuk membilas pakaian sampai benar-benar bersih dan baunya hilang. Ikuti juga petunjuk tentang cara merendam pakaian di dalam kemasan deterjen. Usai dicuci, usahakan segera dijemur di bawah sinar matahari, namun jika tidak memungkinkan, ada baiknya dijemur di dalam ruangan, selama pakaian tidak boleh menumpuk di mesin cuci atau ember.

Yang kedua adalah larutan cuka . Jika Anda tidak memiliki lemon di rumah, cuka juga bisa menjadi pengganti yang bagus sebagai solusi untuk membantu Anda menghilangkan bau apak. Caranya, larutkan dua sendok makan cuka ke dalam ember berisi air hangat dan detergen, lalu aduk hingga tercampur. Baru kemudian rendam pakaian tersebut selama 15 sampai 30 menit.

Kemudian cuci seperti biasa dan bilas berulang kali hingga tidak ada lagi deterjen dan cuka yang tertinggal. Jika perlu, Anda juga bisa menggunakan parfum untuk berkumur yang mengandung zat antibakteri yang dapat mencegah kembalinya bakteri penyebab bau busuk.

4. Gunakan sabun

Untuk menghilangkan bau berjamur pada baju yang satu ini, sebaiknya mulai dengan merendam pakaian di air bersih. Saat semua bagian kaos basah, sebarkan di papan cucian lalu sebarkan ke seluruh bagian kaos dengan trik. Perhatikan baik-baik bagian pakaian yang kasar dan kusut, karena ini biasanya merupakan sumber bau yang tidak sedap. Kemudian sikat pakaian dan bilas hingga bersih.

Referensi: buat jersey sepeda

Cara Mencegah dan Menghilangkan Baju Bau Apek

Navigasi pos