Mengenal Berbagai Beasiswa Dalam Negeri Yang Bermanfaat

Slighhouse –¬†Beasiswa adalah salah satu hal yang dicari oleh sebagian besar siswa. Bantuan berupa biaya semester, uang jajan atau perlengkapan belajar sudah tidak diragukan lagi menjadi dambaan seorang mahasiswa, terutama mereka yang telah menempuh perjalanan jauh dari daerah untuk memperoleh gelar.

Yang tidak diketahui banyak orang adalah bahwa beasiswa tingkat tersier tidak hanya tersedia bagi mereka yang belajar di luar negeri. Ternyata ada juga beasiswa nasional yang diberikan oleh berbagai perusahaan besar sebagai bentuk CSR perusahaan untuk kemajuan bangsa Indonesia.

Beasiswa apa yang tersedia untuk siswa yang belajar di negara ini? Berikut beberapa di antaranya:

Beasiswa Djarum

Siapa yang tidak kenal perusahaan hebat ini. Beasiswa Bulutangkis Djarum yang diperuntukkan bagi para atlet bulutangkis dari usia muda untuk mendapatkan pelatihan bulu tangkis dan melanjutkan studi di kota Kudus, Jawa Tengah, banyak yang sudah familiar.

Selain memiliki beasiswa bulu tangkis, Djarum juga memiliki program beasiswa mahasiswa semester 4 ke atas yang dikenal dengan Djarum Scholarship Plus yang diberikan oleh Djarum Foundation. Melalui beasiswa ini, Anda dapat memperoleh dana beasiswa senilai Rp1.000.000 setiap bulan selama 1 tahun dan berbagai kegiatan pelaporan soft skill seperti pembentukan karakter, pengembangan kepemimpinan dan eksposur internasional.

Untuk memberikan beasiswa ini, Djarum Foundation telah bermitra dengan lebih dari 80 perguruan tinggi di Indonesia. Jika universitas Anda tidak terdaftar sebagai mitra Djarum, Anda masih dapat mengajukan permohonan beasiswa dengan mengajukannya ke Djarum Foundation.

Beasiswa Karya Salemba Empat (KSE)

Beasiswa Karya Salemba Empat atau yang lebih dikenal dengan Beasiswa KSE adalah beasiswa yang ditawarkan oleh Yayasan Salemba Empat bagi mahasiswa S1 yang telah menempuh pendidikan minimal semester 2. Beasiswa sarjana ini diberikan dalam bentuk hibah sebesar Rp 750.000 seumur hidup studi setiap bulannya. selama 1 tahun dan dapat diperpanjang hingga tahun berikutnya. Selain itu, peserta program berkesempatan mengikuti program coaching yang diselenggarakan KSE seperti tatap muka, program kepemimpinan, seminar, workshop dan coaching.

Selain beasiswa reguler, beasiswa KSE juga memiliki program beasiswa lainnya seperti beasiswa unggulan bagi penerima beasiswa KSE minimal 1 tahun dengan perkembangan yang sangat baik dan partisipasi aktif dalam berbagai kegiatan sosial. Beasiswa diberikan dalam bentuk beasiswa senilai Rp 750.000 per bulan selama satu tahun dan dapat diperpanjang, hibah SPP / BOP senilai Rp 1.500.000 per semester selama 1 tahun akademik, serta bantuan pembayaran skripsi / proyek akhir dengan nilai nominal yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Beasiswa Tokopedia

Dikenal sebagai salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia, Tokopedia juga memiliki program beasiswa yang bekerjasama dengan 25 universitas rekanan yang bisa Anda dapatkan jika memenuhi beberapa persyaratan yang dipersyaratkan. Beasiswa Tokopedia ini diberikan kepada Anda yang telah memasuki semester 5 bidang keahlian terkait teknologi dan data.

Beasiswa Tokopedia ini sudah termasuk biaya kuliah selama 2 semester, uang buku 2 semester senilai Rp 1.000.000 per semester, uang saku 1 tahun senilai Rp3.000.000 per bulan, biaya wisuda dan kesempatan magang di Tokopedia.

Beasiswa Bank Indonesia

Sebagai bank sentral, Bank Indonesia juga memiliki program beasiswa bagi mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi. Ada dua jenis beasiswa yang diberikan oleh Bank Indonesia, yaitu beasiswa reguler dengan bantuan tunai sebesar Rp1.000.000 per bulan selama 12 bulan dan program tertunda dengan bantuan tunai sebesar Rp1.500.000 per bulan selama 12 bulan. bulan.

Sesama Bank Indonesia nantinya akan menjadi anggota GenBI. GenBI sendiri merupakan mahasiswa yang bercita-cita menjadi agen perubahan yang membantu menyampaikan informasi kebijakan BI kepada publik dan juga siap menjadi yang terdepan di masa depan.

Anggota GenBI juga akan dilibatkan dalam berbagai kegiatan, khususnya yang bermanfaat bagi masyarakat di daerah asal persekutuan. Misalnya mengajar di desa, menggalang dana untuk korban bencana alam, donor darah, dan tes gratis bagi masyarakat kurang mampu.

Referensi: https://academia.co.id/

Mengenal Berbagai Beasiswa Dalam Negeri Yang Bermanfaat

Navigasi pos