Pengertian, Fungsi, Dan Jenis Gazebo

Slighhouse –¬†Gazebo merupakan tempat relaksasi dan juga tempat berteduh dari sengatan matahari langsung saat kita berada di taman. Ini karena gazebo sangat bagus dari segi model dan fungsi karena dirancang untuk tujuan yang lebih fleksibel. Misalnya, berkumpul dengan keluarga, menerima tamu, bersantai menjelang tidur, bahkan sebagai tempat pesta. Gazebo sendiri sangat beragam dari segi model dan cenderung tidak pasti. Di beberapa negara, gazebo memiliki ciri khas, ada yang sederhana seperti gazebo yang biasa kita temukan di kafe-kafe di Indonesia, hingga yang terlihat mewah dengan lingkungan yang tertutup. Kebanyakan gazebo dirancang agar sesuai dengan fungsinya. Misalnya di negara-negara Barat seperti Amerika, orang Amerika sering menggelar pesta pernikahan di gazebo.

Resepsi pernikahan dengan konsep garden party menjadikan gazebo pilihan yang tepat untuk calon pengantin. Oleh karena banyaknya gazebo kayu yang sering kita temui di berbagai negara di dunia, serta dengan bentuk yang unik dan berbeda, kali ini kita akan membahas mengenai sejarah dan daya tarik gazebo ini. Jadi kami memiliki tautan lain yang bisa kami kutip sebagai contoh saat membangun gazebo di rumah.

Sejarah gazebo

Tidak dapat disangkal bahwa gazebo dengan model dan struktur berbeda ada di berbagai peradaban di dunia, hanya dengan nama yang berbeda. Negara-negara seperti China, Mesir, Roma, Persia bahkan Indonesia memiliki sejarah arsitektur gazebo. Banyak ilmuwan memperkirakan keberadaan gazebo dalam peradaban tidak lepas dari kondisi iklim di negeri ini. Berkat kondisi iklim yang hangat, para lansia menginginkan tempat yang nyaman untuk duduk dan bersantai di luar sekaligus menikmati pemandangan sekitarnya, terutama siang dan malam. Selama pendudukan Amerika, gazebo hanya ditemukan di rumah orang kaya dan bangsawan. Salah satu bentuk gazebo unik di Amerika, gazebo segi delapan, dapat ditemukan di Gn. Vernon, yang merupakan rumah bagi Presiden Washington.

Pada zaman kolonial, gazebo sering digunakan masyarakat di negara Barat untuk menikmati musim panas. Mereka tak segan-segan menghabiskan sepanjang hari di gazebo. Karena AC belum banyak digunakan saat itu. Jadi ketika musim panas tiba, mereka akan sangat hangat di dalam rumah, bahkan jika semua jendela dan pintu terbuka. Mereka membangun gazebo atau rumah musim panas ini untuk keperluan ini, karena mereka akan merasakan angin dingin di sini. Gazebo ini sering digunakan oleh pasangan muda yang ingin bercakap-cakap di luar tanpa terkena sinar matahari.

Pada beberapa gazebo dengan model tertutup biasanya terdapat bukaan di semua bagian agar angin bisa masuk dari luar dan menyejukkan suasana di gazebo. Untuk melengkapi hawa dingin, mereka tak lupa menanam beberapa pohon di dekat gazebo.

Fungsi gazebo

Jika kita berbicara tentang fungsi gazebo, maka kita harus melihat negara atau peradaban dimana gazebo ini digunakan. Konsep gazebo diperkenalkan di zaman modern oleh 2 orang arsitek dari Inggris Raya bernama William dan John Halfpenny. Mereka mulai menulis tentang arsitektur Cina seperti pagoda atau gazebo. Pagoda ini sebenarnya sama dengan gazebo, hanya saja di Asia pagoda memiliki struktur yang sedikit berbeda, yaitu dibentuk oleh teras-teras dan dihiasi hal-hal yang penuh dengan corak Timur. Selain itu, pagoda digunakan sebagai tempat peribadahan. Di negara barat, gazebo digunakan sebagai tempat relaksasi, kegiatan romantis dan diskusi. Sedangkan di zaman modern ini gazebo sudah menjadi salah satu elemen dekoratif di taman rumah dan banyak digunakan sebagai area makan outdoor atau tempat penyelenggaraan pesta kebun.

Jenis gazebo

Kami memahami bahwa gazebo sering ditemukan di peradaban dan negara di dunia dengan model dan tipe yang berbeda. Di Amerika Selatan, terdapat berbagai jenis gazebo yang diproduksi berdasarkan fungsinya, baik digunakan untuk keperluan pribadi maupun publik. Misalnya untuk gazebo yang digunakan pada resepsi pernikahan biasanya berukuran lebih lebar, berbentuk heksagonal, dan memiliki bukaan yang lebar.

Berbeda dengan gazebo pernikahan, gazebo yang digunakan sebagai elemen dekoratif di sebuah taman biasanya berukuran setengah dari gazebo pernikahan. Selain itu gazebo biasanya ditutup oleh jendela dengan jaring, tujuannya untuk mencegah serangga masuk ke dalam gazebo.

Selain kedua jenis gazebo yang telah disebutkan di atas, masih banyak jenis atau jenis gazebo lainnya di mebel jepara. Gazebo modern yang sering kita temui saat ini memiliki bentuk yang lebih sederhana dan polanya biasanya disesuaikan dengan imajinasi dan keinginan pemiliknya.

Pengertian, Fungsi, Dan Jenis Gazebo

Navigasi pos