Tanaman Hias Anggrek Paling Populer di Indonesia

Slighhouse – Anggrek hias merupakan tanaman hias berbunga populer lainnya selain bunga mawar. Meskipun harga bunga anggrek biasanya jauh lebih mahal dari bunga mawar, namun hal ini tidak mengurangi keberadaannya dalam dekorasi ruangan, teras, taman dan tempat-tempat lain di dalam rumah. Anggrek merupakan tumbuhan epifit yang biasanya menempel pada tumbuhan lain, namun ada beberapa jenis anggrek yang dapat hidup mandiri di dalam tanah maupun di dalam pot. Ada banyak anggrek yang datang dan hanya bisa hidup di Indonesia. Semuanya memiliki ciri dan warna tersendiri. Berikut beberapa contoh anggrek Indonesia dan ciri-cirinya yang diambil dari web Bunga Papan Makassar.

Tanaman Hias Anggrek Indonesia dan Ciri-cirinya

Bunga anggrek bulan

Anggrek hias pertama dan terpopuler di Indonesia sebagai anggrek indoor atau sekitar rumah adalah bunga anggrek bulan. Anggrek bulan memiliki kelopak besar berwarna putih bersih. Bunga anggrek ini juga memiliki akar bulat yang juga berwarna putih dengan daun hijau muda memanjang. Bentuk kelopaknya yang besar dan warnanya yang putih bersih benar-benar memancarkan keanggunan tersendiri. Tidak hanya itu, anggrek bulan juga menghasilkan aroma yang khas sehingga cocok digunakan di dalam ruangan. Keanggunan dan keindahan bunga anggrek Luna menjadikannya salah satu Puspa Pesona Indonesia. Puspa Pesona adalah nama bunga nasional Indonesia, seperti melati.

Sendok bunga anggrek

Jenis bunga anggrek selanjutnya adalah anggrek sendok. Anggrek sendok menyandang nama latin Spathoglottis zurea. Meskipun bunga ini disebut Anggrek Sendok, namun bentuk bunganya tidak menyerupai sendok. Bunga anggrek ini memiliki 5 kelopak yang lebar dan lebar, sehingga lebih terlihat seperti bintang. Bunga sendok ini didominasi warna kuning muda pada kelopaknya dengan beberapa pantulan putih. Kelopaknya berwarna putih dan dihiasi dengan bintik-bintik merah kecil. Bunga anggrek sendok kuning ini dapat memberikan rasa nyaman dan ketenangan bagi siapa saja yang memandangnya, sehingga cocok untuk ditempatkan di ruangan manapun di dalam rumah.

Bunga anggrek berkilau

Bunga anggrek cantik selanjutnya dari Indonesia adalah bunga anggrek Kelip. Bunga yang menyandang nama latin Phalaenopsis violacea ini memiliki keunggulan yang terletak pada aroma bunganya dibandingkan jenis anggrek lainnya. Secara fisik, bunga anggrek yang berkilau ini menyerupai bunga melati yang berukuran besar. Bunga anggrek yang berkilauan ini memiliki kelopak bunga berbentuk bintang 5 dengan dominasi warna putih dan sedikit warna kuning-hijau di ujung kelopaknya. Seperti bunga melati, anggrek Kelip ini juga mengeluarkan aroma yang sangat harum dan khas. Anda bisa menanamnya di pekarangan Anda sehingga dapat mencium aroma yang sangat harum dan menyegarkan setiap pagi.

Bunga Anggrek Dendrobium

Jenis anggrek yang terakhir adalah anggrek Dendrobium. Anggrek Dendrobium merupakan anggrek hias terpopuler kedua setelah anggrek bulan. Anggrek Dendrobium hidup dengan cara tumbuh dari tumbuhan lain (epifit). Bunga anggrek cantik ini memiliki sepal berbentuk segitiga dengan kaki berbentuk kolom yang menyatu dengan pangkal membentuk taji. Bunga anggrek ini juga cukup rajin berbunga dibandingkan dengan jenis anggrek lainnya. Bunga anggrek ini bisa bertahan hingga 2 minggu.

Referensi: Karangan Bunga Makassar

Tanaman Hias Anggrek Paling Populer di Indonesia

Navigasi pos